//
you're reading...
Marketing, Research

Tiga Fungsi Utama Riset Pemasaran

Peranan riset pemasaran bagi perusahaan sangat penting terutama diakhir-akhir tahun seperti saat ini, perencanaan pemasaran untuk membuat program pemasaran tahun mendatang biasanya sangat tergantung pada hasil riset pemasaran yang telah dilakukan oleh perusahaan saat ini.

Riset pemasaran bagaikan mata dan telinga bagi pemasar di perusahaan untuk mengetahui bagaimana pandangan konsumen terhadap produk dan layanan perusahaan. Selain itu riset pemasaran juga bisa menghasilkan ukuran-ukuran yang menjadi patokan seberapa besar performa produk dan layanan dibanding pesaing-pesaingnya.

Dengan menggunakan riset pemasaran, pemasar di perusahaan memiliki indikator-indikator yang kuat, tidak sekedar intuisi, karena informasi yang dihasilkan dari riset pemasaran berdasarkan berbagai metodologi dan pendekatan yang sistematis dan terstruktur.

Setelah melakukan berbagai research di berbagai industri, Alvara Strategic Research menyimpulkan ada tiga fungsi riset pemasaran bagi industri, yakni, evaluating, understanding, dan predicting. Evaluating berarti lebih bicara masa lalu, understanding lebih bicara masa kini, dan predicting lebih pada berbicara masa depan.Picture1

Evaluating
Riset-riset yang masuk kategori ini biasanya digunakan untuk mengevaluasi program-program pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya, misal sebuah perusahaan ingin melakukan dampak program komunikasi dan promosi yang telah dilakukan terhadap kenaikan atau penurunan popularitas merek-mereknya, termasuk didalamnya adalah ketika pemasar ingin mereview positioning brand dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya termasuk dalam kategori ini.

Riset kepuasan pelanggan juga masuk dalam kategori ini terutama bagi perusahaan-perusahaan yang nuansa “jasa” nya sangat kental seperti perbankan, hotel, telekomunikasi, dll. Mereka secara berkala melakukan survei ini untuk memantau tingkat kepuasan pelanggannya, sekaligus juga mereka ingin mendapatkan masukan apa saja faktor-faktor mampu meningkatkan kepuasan pelanggannya secara signifikan.

Understanding
Memamahi konsumen adalah salah satu insight penting bagi perusahaan, seberapa sukses perusahaan ditentukan oleh seberapa dalam perusahaan memahami konsumennya. Karena itu yang masuk dalam kategori riset ini adalah tentang riset tentang potret kebiasaan dan perilaku konsumen atau riset-riset tentang harapan dan kebutuhan konsumen.

Predicting
Dari tiga fungsi riset pemasaran diatas bisa jadi fungsi ketiga inilah yang paling susah dan beresiko tinggi karena unsur ketidakpastiannya paling tinggi. Perusahaan ketika merancang produk baru atau ingin memasuki pasar baru selalu dihadapkan pada pertanyaan apakah produk barunya dapat diterima oleh konsumen? Atau apakah pasar baru yang akan dimasuki memiliki potensi yang menjanjikan?. Dengan menggunakan riset pemasaran seoarang pemasar akan terbantu untuk diyakinkan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi, meski ada catatan karena bersifat prediksi maka angka yang hasil yang dihasilkan dari riset kategori ini tingkat akurasinya lebih kecil dibandingkan dengan dua kategori riset sebelumnya.

Dengan memahami fungsi dan tujuan riset pemasaran tadi kita akan dengan lebih mudah menentukan kira-kira motede riset apa yang kita perlukan untuk menjawab tujuan-tujuan yang ingin kita capai, tentu tidak semua persoalan bisa dijawab dengan menggunakan riset pemasaran, pengalaman dan intuisi juga tetap diperlukan. Kombinasi antara data, insight, pengalaman, dan intuisi akan menghasilkan pengambilan keputusan pemasaran yang unggul dan prima.

Hasanuddin Ali
Founder and CEO
Alvara Strategic Research

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

%d bloggers like this: