//
you're reading...
Research

Statistika adalah Kunci Kehidupan

“DATA MENCERDASKAN BANGSA”

Sebagian besar dari kita mungkin mengetahui terminologi Statistika adalah serangkaian ilmu tentang data, atau lebih sempit lagi hanya sebatas angka-angka demografi penduduk yang diproduksi oleh Badan Pusat Statistik (BPS), padahal ilmu statistika cakupannya lebih dari sekedar angka-angka.

Menurut definisi The Oxford Dictionary of Statistical Terms, Statistics is the study of the collection, analysis, interpretation, presentation, and organization of data. Jadi Statistika bukan sekedar data, tapi seperangkat ilmu yang berguna untuk memproduksi, menganalisa, dan sekaligus menginterpretasi data tersebut.

Lalu dimana peran statistika di dunia, berikut saya rangkumkan beberepa fungsi ilmu statistika diberbagai bidang;

Bisnis
Statistik memainkan peran sangat penting dalam dunia bisnis. Perusahaan harus mendapatkan data dan informasi yang akurat untuk pengambilan keputusan yang tepat. Sebagai contoh untuk ekspansi pasar, perusaahan harus dibekali dengan data tentang potensi pasar. Untuk meningkatkan dan memperbaiki layanan kepada pelanggannya, perusahaan harus mendapatkan data-data tentang seberepa besar tingkat kepuasaan pelanggan terhadap layanan yang diberikan perusahaan.

Ekonomi
Ilmu Ekonomi sekarang sangat tergantung ilmu statistika, berbagai pemodelan ekonometrika basis perhitungannya menggunakan ilmu statistika. Demikian juga dengan perhitungan inflasi setiap bulan, hubungan antara supply and demand, export and import juga menggunakan metode statistika.

Perbankan
Statistik memainkan peran penting dalam perbankan. Bank-bank menggunakan statistik untuk beberapa tujuan. Bank-bank bekerja pada prinsip bahwa semua orang yang menyimpan uang mereka dengan bank tidak menarik pada saat yang sama. Para bankir menggunakan pendekatan statistik berdasarkan probabilitas untuk memperkirakan jumlah deposan dan klaim mereka untuk hari tertentu.

Pemerintahan
Kebijakan pemerintah juga harus mendasarkan pada data-data statistik. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) ketika merancang arah pembangunan nasional menggunakan indikator-indikator statistik sebagai landasannnya. Ekspektasi publik yang tinggi terhadap layanan pemerintah menuntut pemerintah untuk melakukan survey secara berkala terhadap harapan dan tingkat kepuasan publik terhadap layanan yang diberikan oleh pemerintah.

Politik
Kontestasi dalam pemilu baik pemilu tingkat nasional maupun daerah menggunakan survey sebagai salah satu instrumen untuk memenangkan pemilu. Para kandidat menggunakan data-data statistik melalui survey untuk memetakan pemilih sebagi dasar untuk merancang strategi pemenangan, mereka juga mengukur tingkat popularitas dan elektabilitas sebagai bahan evaluasi program kampanye untukn meningkatkan peluang keterpilihan mereka dipemilu.

Social Sciences
Dalam bidang social science, ilmu statistika banyak berperan dalam berbagai eksperimentasi, pengujian hipotesa, uji signifikansi berbagai ilmu Biologi, Fisika, Kimia, dll.

Selain yang tersebut diatas, masih banyak lagi peran Ilmu Statistika dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan smartphone dan social media yang masif membuat secara tidak sadar kita telah andil dalam memproduksi data. Anda chek-in disuatu tempat di social media adalah data, Anda memfoto makanan dan kemudian mempostingnya ke social media juga sebuah data. Mesin pencari Google menggunakan kata kunci yang sering kita masukkan ke mesin pencari mereka untuk mempelajari apa yang menjadi interest kita sehingga jawaban dari apa yang kita tanyakan di mesin pencari Google sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Melimpahnya data sekarang tidak menyebabkan ilmu statistika berkurang, tapi justru semakin vital. Profesi Data Scientist menurut Linked In menjadi profesi yang paling banyak dicari dalam 3 tahun terakhir, hal ini didorong oleh meningkatnya trend big data. Melimpahnya data menuntut adanya profesi baru yang mampu menganalisa data sekaligus memprediksi secara cepat dan real time.

Melihat cakupan yang sedemikian luas dan penting, seorang data scientist setidaknya harus menguasai berbagai multidisplin ilmu, terutama statistika, matematika, computer science, modelling, data visualitation. Dengan pendekatan berbagai disiplin ilmu tadi seorang data scientist akan mampu menjelaskan sebuah fenomena yang terjadi dan kemudian memprediksi apa yang akan terjadi dimasa depan.

Walhasil sebagai penutup ilmu statistik adalah teori tentang ketidakpastian bukan teori tentang kepastian, bahwa setiap kejadian apapun di dunia berjalan atas ketidakpastian maka teori statistik membantu “mengurangi” ketidakpastian bukan “menghilangkan” ketidakpastian.

Selamat Hari Statistika Nasional, 26 September 2015!

Hasanuddin Ali
Founder and CEO
Alvara Strategic Research

Advertisements

Discussion

5 thoughts on “Statistika adalah Kunci Kehidupan

  1. maaf …. cak hasanudin iki angkatan hjn piro nang ITS statistika ?

    Posted by soeprijanto | May 10, 2016, 8:16 am
  2. Maaf boleh tau ini sumbernya dari mana?

    Posted by Bella | August 14, 2017, 10:44 am
  3. Maaf boleh tau ini sumbernya dari mana ya? Hehe

    Posted by Bella | August 14, 2017, 10:51 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

%d bloggers like this: