//
you're reading...
Research, Social/Politic

Kesaksian Pelaku Sejarah Pendukung Jokowi

“Nonton debat capres anak saya Cya nanya “kenapa papa suka sama Jokowi? Saya jawab, “Jokowi itu contoh bawa siapapun nanti bisa jadi presiden termasuk Kak Cya”

 

Asal muasal saya bisa mendukung Joko Widodo cukup panjang, dimulai sejak tahun 2012, saat pencalonan beliau sebagai kandidat Gubernur DKI Jakarta di Pilkada Jakarta. Suatu hari Mas Deddy Rahman, CEO Katapedia menelpon, “Mas, mau ikutan ketemu Jokowi di Solo? Saat itu saya langsung mengiyakan tanpa tau maksud dan tujuan ketemu Joko Widodo.

Singkat cerita terbanglah saya ke Solo, sebagai orang yang menginjakkan kaki pertama kali di Solo saya sangat terkesan dengan penataan kota Solo yang rapi dan bersih. Setelah keliling kota Solo saya akhirnya bertemu dengan Mas Deddy dan beberapa teman yang lain. Disaat itulah saya pertama kali bertemu dengan Mas Kika SYafi’i, CEO Alurkria, dan Mas Andi Wibowo, sohibul bait di Solo.

Malamnya kami merapat ke Loji Gandrung, tempat Pak Joko Widodo ngantor di Solo. Saya ingat saat itu kami datang sekitar jam 10.00 malam, dari balik ruang tamu kami melihat Pak Joko Widodo masih menerima beberapa tamu. Akhirnya Pak Joko Widodo menerima kami dengan sangat ramah dan hangat, “Maaf menunggu lama, habis terawih banyak tamu yang datang”, kata-kata pertama dari beliau yang sungguh merontokkan kesan pejabat yang selama ini kurang bersahabat.

Tak terasa kami mengobrol cukup lama, hampir dua jam kami berdiskusi tentang Pilkada Jakarta, beliau banyak bercerita soal betapa susahnya posisi beliau saat itu karena masih juga menjabat sebagai Walikota Solo sehingga waktu sosialisasi dengan konstituen sangat terbatas, berbeda dengan lawannya Pak Fauzi Bowo yang saat itu adalah petahana Gubernur DKI Jakarta.

Pilkada DKI JakartaAlvara Research Center saat itu juga melakukan survei Pilkada DKI Jakarta untuk putaran dua, survei itu kami lakukan tiga minggu sebelum hari H pencoblosan dan hasilnya mampu memprediksi kemenangan Joko Widodo dan angkanya paling mendekati Hasil KPU, hasil lengkapnya bisa dibaca disini https://hasanuddinali.com/2012/09/15/pilkada-jakarta-suara-kelas-menengah/

brand image capres

 

Pertemuan berikutnya dengan Joko Widodo terjadi sekitar bulan September 2013 di rumah dinas beliau di kawasan Taman Suropati Menteng Jakarta, sekali lagi atas bantuan Mas Deddy Rahman dan Mas Andi Wibowo. Dalam kesempatan itu saya mempresentasikan Hasil survei Alvara Research Center terkait Popularitas dan Citra beberapa kandidat capres. Selain temuan popularitas dan elektabilitas capres, saat itu Pak Joko Widodo sangat tertarik untuk menelaah lebih detail peta citra capres yang tergambar di peta capres yang dikembangkan Alvara Reseach Center.

https://hasanuddinali.com/2013/09/14/peta-persepsi-dan-citra-capres/

Pada saat itu kami juga menyampaikan bahwa Probowo lah yang akan menjadi lawan tangguh buat Joko Widodo. http://news.detik.com/read/2013/09/11/150601/2355886/10/survei-alvara-Joko Widodo-vs-prabowo-diprediksi-bersaing-sengit?nd772205mr

Yang menarik, saat itu kami di jamu makan siang sama beliau, beliau dengan sangat ramah menyapa kami satu persatu dan ikut makan bersama, sama sekali tidak ada jarak padahal beliau adalah orang nomer satu di DKI Jakarta. Saat itu beliau banyak bercerita soal gagasan besar soal bangsa ini terutama soal kemandirian ekonomi. Saat itu juga beliau juga berkeluh kesah soal betapa “lawan politik” nya mulai mencari-cari kesalahan beliau. “silahkan cari-cari kesalahan saya, gak bakalan nemu wong saya lurus-lurus saja”, ujar beliau.

9_Lembaga_Survei_(lowrest)-revisiPada bulan Juni 2014, saat mulai musim kampanye pilpres Alvara Research Center kembali melakukan riset independen terkait Pilpres di kalangan pemilih muslim kota dan hasilnya seperti kebanyakan survei lain perolehan suara Joko Widodo mulai tergerus dan posisi suara Prabowo semakin mendekati suara Joko Widodo. http://alvara-strategic.com/press-release-aspirasi-pemilih-muslim-kota-siapa-yang-paling-unggul/

Sampai dua minggu menjelang pilpres memang sentimen suara tidak memihak Joko Widodo, trend suara saat itu memihak Prabowo, saya saat itu bahkan berpendapat siapapun yang menang pilpres perbedaan angkanya tidak akan lebih dari 5%. Kampanye hitam ternyata cukup berpengaruh dalam menggerus suara Joko Widodo. http://alvara-strategic.com/liputan-media-aspirasi-pemilih-muslim-kota/

Bahkan seminggu sebelum pilpres ketika saya ngobrol dengan kawan konsultan politik terkemuka menyimpulkan untuk menang Joko Widodo butuh keajaiban. Dia bilang “Kalau kamu masih percaya dengan keajaiban Tuhan, inilah saatnya kita menguji”. Dan ternyata keajaiban Tuhan dan alam semesta memiliki caranya sendiri untuk memenangkan Joko Widodo, mulai dari Konser salam 2 Jari, debat capres terakhir, dan tweet “sinting” Fahri Hamzah secara simultan membalikkan arah menuju kemenangan Joko Widodo di 9 Juli.

Akhirya, KPU sudah menetapkan pemenang pilpres, meski berlangsung keras dan ketat, namun secara umum pemilu berlangsung baik, rakyat Indonesia sudah mulai menunjukkan kematangannya dalam berdemokrasi. Bagi saya pribadi meski melelahkan mengikuti pertarungan politik ini sungguh mengasihkan.

Selamat Bekerja Pak Joko Widodo-Jusuf Kalla, ditangan kalian berduan nasib bangsa ini ditentukan 5 tahun kedepan, semoga mampu membawa Indonesia seperti cita-cita Bung Karno, Berdaulat dalam bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam budaya

Oh ya Pak, meski sudah jadi orang nomer satu di Indonesia, jangan berubah ya Pak, tetaplah bersahaja seperti dulu, selalu menyapa rakyat dimanapun berada, dan tetap blusukan. Meski tidak seberapa saya merasa bangga pernah ikut menjadi bagian sejarah penting Indonesia.

(Hasanuddin Ali)

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

%d bloggers like this: