Generasi Mana Yang Selamat dari Covid19?

Dalam beberapa kali kesempatan webinar saya sering mendapat dua pertanyaan dari peserta webinar, generasi apa yang paling terdampak oleh covid-19? dan generasi mana yang paling bisa bertahan dari covid19? Sebelum menjawab kedua pertanyaan tersebut kita harus membahas terlebih dulu apa dan bagaimana dampak covid-19 bagi masyarakat. Untuk mempermudah pembahasan saya akan batasi dalam dalam dua hal yaitu dampak kesehatan dan dampak ekonomi

Pertama, Dampak Kesehatan. Kasus Covid-19 telah meyebar ke seluruh penjuru Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Semua kelompok usia, dari balita hingga orang tua telah terpapar covid19, mengutip data Gugus Tugas Covid19 yang tercatat di covid19.go.id komposisi usia penduduk yang terkonfirmasi positif covid19 0-5 tahun 2,3%, 6-17 tahun 5.7%, 18-30 tahun 22.5%, 31-45 tahun 30.4%, 46-59 tahun 26.0%, > 60 tahun 13.2%. Namun demikian komposisi pasien yang meninggal covid19 didominasi oleh pasien yang berusia tua, 41.8% pasien yang meninggal berasal dari usia > 60 tahun, disusul kemudian oleh pasien yang berusia 46-59 tahun sebesar 40.1%.

Kedua. Dampak Ekonomi. Covid19 telah merontokkan sendi-sendi ekonomi kita, dampak ekonomi tidak kalah dahsyat dibanding dampak kesehatan, hampir semua sektor ekonomi berhenti secara signifikan. Pertumbuhan ekonomi Indonesia kwartal pertama turun hingga menjadi 2.97%, bahkan perkiraan pemerintah dikwartal kedua ini pertumbuhan ekonomi Indonesia jatuh ke minus. Dampak ekonomi paling nyata dirasakan oleh kelompok generasi milenial.

Kenapa demikian? Mereka saat ini adalah generasi yang sedang berjuang, ada yang meniti karir diperusahaan, atau bagi yang menjadi wirausaha masih dalam tahap pertumbuhan. Dari sisi pendapatan, milenial belum seberapa, tapi pengeluaran untuk cicilan sudah mulai banyak. Ketika terjadi covid19 pendapatan mereka mayoritas turun tapi pengeluaran tidak berkurang. Inilah beban yang paling berat mereka rasakan, apa lagi tidak sedikit diantara mereka ikut menjadi korban PHK.

Dengan demikian kalo kita bicara dampak yang paling terasa dari covid19 ini bisa kita simpulkan bahwa dampak kesehatan paling banyak dirasakan oleh generasi Baby Boomers, sementara dampak ekonomi paling dirasakan oleh generasi milenial.

Bagaimana dengan dua generasi yang lain? Gen Z dan Gen X tentu juga terdampak tapi secara umum tidak seberat Milenial dan Baby Boomer. Gen Z secara usia masih dalam fase sekolah dan kuliah, jadi beban ekonomi belum terlalu berat karena masih menjadi tanggungan orang tua nya, dari sisi Kesehatan Gen Z juga memiliki ketahanan lebih tinggi dibanding generasi yang lebih tua. Sementara itu Gen X adalah generasi yang lebih mapan dibanding milenial, jadi secara ekonomi jangka pendek mereka lebih tahan terhadap krisis ekonomi, apalagi generasi ini memiliki pengalaman menghadapi krisis tahun 1998 dan 2008.

Pertanyaan berikutnya, dengan melihat dampak covid19 yang sudah saja jelaskan diatas, generasi mana yang paling cepat beradaptasi dengan kondisi ini? Saya jawab dengan lugas adalah Gen Z dan Milenial.

Ketika hampir semua kontak fisik dibatasi dan kehidupan beralih dunia virtual maka dua generasi inilah yang paling siap. Survei Alvara Researc Center sebelum Oktober 2019 menunjukkan 93.9% Gen Z dan 88.4% sudah terkoneksi dengan internet, sementara generasi yang lebih tua lebih rendah yang terkoneksi dengan internet. Artinya dua generasi inilah yang lebih siap hidup secara virtual dibanding generasi yang lebih tua.

Selain itu milenial juga memiliki karakter yang membuat mereka cepat beradaptasi dengan segala perubahan. Bekal karakter itu sebagaimana yang saya tulis di buku Milenial Nusantara Pertama, Creative, mereka adalah orang yang biasa berpikir out of the box, kaya akan ide dan gagasan dan mampu mengkomunikasikan ide dan gagasan itu dengan cemerlang. Kedua, Confidence, mereka ini orang yang sangat percaya diri, berani mengemukakan pendapat dan tidak sungkan-sungkan berdebat di depan publik. Ketiga, connected, mereka adalah pribadi-pribadi yang pandai bersosialisasi terutama dalam komunitas yang mereka ikuti, mereka juga aktif berselancar di sosial media dan internet.

Akhirnya, untuk selamat dari dampak Covid19 dan dengan melihat posisi masing-masing generasi diatas makan semua generasi harus saling membantu bergotong royong dalam menghadapi covid19, generasi yang lebih muda (Millennial dan Gen Z) membantu generasi yang tua untuk bisa cepat beradaptasi dengan perubahan sekarang. Generasi yang lebih tua (Gen X dan Baby Boomers) membantu generasi yang lebih muda dalam mengembangkan setiap potensi yang dimiliki oleh Milennnial dan Gen Z.

One thought on “Generasi Mana Yang Selamat dari Covid19?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s