//
you're reading...
Marketing, Research

Discover Banyuwangi: The Sunrise Of Java

Apa yang anda ingat soal Banyuwangi? Apabila pertanyaan ini di tanyakan 5 tahun lalu barangkali banyak diantara kita menggelengkan kepala, atau beberapa dari Anda punya jawaban seperti saya, kota mistis, karena Banyuwangi dulu memang di kenal karena kemistisannya seperti santet, dukun, dll, ditambah lagi banyak yang percaya bahwa Alas Purwo yang berada di paling timur Banyuwangi banyak memiliki kawasan angker.

Namun seiring waktu persepsi negatif Banyuwangi tersebut pelan tapi pasti mulai tersingkir. Adalah Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi sekarang lah yang berhasil “menyulap” Banyuwangi menjadi salah satu destinasi utama di Jawa Timur. Melalui serangkaian aktivitas promosi wisata dan kegiatan budaya, Banyuwangi  sekarang mulai sejajar dengan Probolinggo, Malang, Lamongan, Jember, dan destinasi wisata utama lainnya.

Dulu Banyuwangi hanya sekedar tempat persinggahan wisatawan domestik untuk menyeberang ke Bali, Biasanya wisatawan domestik memulali perjalanan dari Surabaya/Yogyakarta kemudian ke Bromo dan melanjutkan perjalanan ke Bali melalui penyebrangakan Ketapang Banyuwangi, namun berdasarkan riset yang dilakukan Alvara Strategic Research wisatawan domestik mulai berlama-lama di Banyuwangi, rata-rata mereka menghabiskan waktu 2 hari di Banyuwangi dan rata-rata menghabiskan 1,3 juta per wisatawan selama di Banyuwangi.

Lalu apa sebenarnya apa yang ditawarkan oleh Banyuwangi? Analisa yang dilakukan Alvara Strategic Research meyebutkan paling tidak ada tiga kelompok produk wisata yang saat ini ada di Banyuwangi yaitu. Wisata Alam/Nature, Pusat Hiburan/Amusement, Attraksi/attraction.

Nature (Adventure) – Jelajahi Keajaiban Alam Banyuwangi
Letak geografis Banyuwangi sangatlah menarik dan unik, Banyuwangi terletak di ujung paling Banyuwangi juga termasuk lengkap karena ada gunung dan pantai. Lokasi wisata alam Banyuwangi memang cocok untuk wisatawan yang menyukai tantangan dan petualangan (adventure) baik petualangan “kelas berat” maupun petualangan yang lebih “merakyat”.

Yang menyukai petualangan di daerah pegunungan bisa mengunjungi Kawah Ijen yang terkenal dengan “blue fire” nya. Disamping menikmati udara dingin pegunungan, wisatawan juga bisa menikmati satu-satu nya sumber api biru di Indonesia, selain itu wisatawan juga bisa menyaksikan aktivitas para penambang belerang  di Kawah Ijen.

Bagi yang menyukai wisata pantai dan laut, Banyuwangi memiliki beragam pantai yang menarik dikunjungi diantaranya Pantai Pulau Merah, Pantai Grajagan, Pantai Sukamade, dan masih banyak lagi. Banyuwangi juga memiliki salah satu lokasi surfing terbaik di dunia yakni di G-Land, dan Pulau Merah.

Amusement (Experience) – Rasakan Pengalaman Yang Tak Terlupakan Di Banyuwangi
Setiap wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi akan mendapatkan pengalaman luar biasa yang tidak bisa ditemui ditempat lain. Salah satu pengalaman menarik yang bisa ditemui di Banyuwangi adalah wisata kuliner. Banyak ragam makanan yang hanya bisa di temui di Banyuwangi seperti Rujak Soto, Sego Templong, dll

Selain itu Banyuwangi juga terkenal akan hasil pertanianya terutama buah-buahan, bahkan banyak orang yang mengatakan Banyuwangi adalah “kota pisang” karena melimpahnya pisang dari Banyuwangi, selain pisang, masih banyak lagi buah-buahan yang menjadi ciri khas Banyuwangi seperti manggis, dan durian merah. Pengalaman wisata yang menyenangkan dan tak terlupakan akan semakin lengkap apabila taman hiburan Jatim Park 3 jadi dibangun di Banyuwangi.

Attraction (Culture) – Nikmati Keunikan Budaya Banyuwangi
Banyuwangi juga terkenal akan budaya yang kaya dan beragam, Wisatawan dapat menikmati berbagai atraksi budaya yang sangat menarik, diantaranya Banyuwangi Etno Carnival (BEC) yang sudah menjadi agenda tetap tahunan wisata Banyuwangi. Di BEC wisatawan akan di ajak menyaksikan perbaduan kombinasi unik budaya kontemporer dengan budaya local Bayuwangi.

Selain BEC masih banyak attraksi budaya yang bisa disaksikan oleh wisatawan, misal Festival Kuwung, Ritual Kebo-Keboan, Barong Ider Bumi, Petik Laut, Festival Batik Banyuwagi, dan masih banyak attraksi lain. Setiap attraksi yang ditampilkan di Banyuwangi pasti akan memuat khasanah kearifan lokal Banyuwangi

Banyuwangi memang ditujukan untuk wisatawan nusantara dan mancanegara yang memiliki wisata alam penuh petualangan serta attraksi budaya yang memberikan pengalaman tak terlupakan dengan didukung oleh letak geografis strategis dan masyarakat yang terbuka dan ramah

Akhirnya dengan dengan berkunjung ke Banyuwangi wisatawan akan mendapatkan tiga hal sekaligus, keajaiban wisata alam yang penuh petualangan, pengalaman yang tak terlupakan dan attraksi budaya Banyuwangi yang unik.

Selamat Menjelajah Banyuwangi. Discover Banyuwangi, The Sunrise of Java!

Oleh:
Hasanuddin
CEO
Alvara Strategic Research

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

%d bloggers like this: